Info Terbaru 2022

Sebelum Memperlihatkan Tugas, Pertimbangkan Hal Ini

Sebelum Memperlihatkan Tugas, Pertimbangkan Hal Ini
Sebelum Memperlihatkan Tugas, Pertimbangkan Hal Ini
hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Guru memperlihatkan kiprah Sebelum Memberikan Tugas, Pertimbangkan Hal Ini
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Guru memperlihatkan tugas.
Salah satu cara yang dipakai untuk memotivasi siswa untuk belajar yakni dengan memperlihatkan kiprah ke siswa. Makara mereka tidak hanya berguru di sekolah saja, namun juga meluangkan waktu di rumah. Dengan adanya kiprah ini, siswa juga akan secara disiplin untuk berguru secara mandiri. Pertimbangkan hal-hal ini, sebelum guru memperlihatkan kiprah ke siswa.

1. Jangan Memberikan Tugas yang Monoton

Saat memberi tugas, usahakan tidak memperlihatkan kiprah yang sama. Misalnya, guru selalu memperlihatkan kiprah untuk menciptakan rangkuman dari buku setiap minggunya. Coba sesekali berikan kiprah yang variatif, jadi siswa pun juga akan selalu berguru hal baru. Perbanyak buat kiprah kelompok atau kiprah yang sifatnya praktik. Dengan kiprah bervariatif dan menarik, dijamin siswa akan semangat terus untuk belajar.

2. Berikan Tugas dengan ‘Porsi’ Cukup

Tujuan dari kiprah adaah untuk memotivasi siswa. Jangan hingga ketika memperlihatkan tugas, akan menyita banyak waktu siswa atau bahkan terlalu sulit sehingga mereka akan kesulitan ketika mengerjakan. Maka dari itu, berikan kiprah sesuai kemampuan siswa. Jika mereka tidak bisa menuntaskan tugas, yang ada malah tidak semangat atau bahkan mencari jalan pintas ibarat menyontek teman.

3. Jadikan Tugas Hanya Sebagai Bahan Evaluasi

Memberikan tugas, tujuannya yakni untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. Daripada sekadar memperlihatkan nilai, lebih baik jadikan itu sebagai materi untuk penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Berikan pujian apabila siswa sudah mengerjakan dengan baik dan berikan masukan hal apa saja yang perlu merekan tingkatkan.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page

Iklan Sidebar

Adsense 728x90